Gallery Foto: Rumah Bolon Purba
Rumah tradisional Batak Simalungun ini adalah salah satu rumah yang tersisah dari peninggalan Raja Batak Simalungun yang bermarga Purba. Rumah ini di bangun oleh raja yang memerintah saat itu.

Menurut cerita masyarakat setempat, rumah ini sudah berumur ratusan tahun dan dibangun tanpa paku. Hanya diikat dan dikunci menggunakan kayu karena pada jaman dahulu masyarakat belum mengenal paku.

Lokasi rumah Bolon ini terletak di Desa Pematang Purba Kabupaten Simalungun. Berjarak 54 kilometer dari Pematangsiantar. Dalam bahasa Indonesisa, rumah Bolon berarti rumah besar. Uniknya, rumah Bolon Purba ini hanya memiliki satu kamar, namun terdapat banyak dapur untuk memasak.

Sesuai fungsinya, pada masa dahulu Rumah Bolon Pematang Purba ini adalah kediaman seorang raja yang pernah berkuasa di wilayah Simalungun. Raja tersebut bernama Raja Purba XII Tuan Rahalim yang merupakan seorang raja yang pernah berjaya di Simalungun pada pertengahan abad ke-19 dan merupakan salah satu raja yang namanya tersohor di Nusantara.

Raja Purba dikenal oleh rakyat Simalungun sebagai raja yang sangat piawai dalam memimpin sehingga sosoknya pun sangat disegani oleh masyarakat.

Raja yang mempunyai 24 orang istri tersebut, merupakan seorang raja yang jasa-jasanya dalam membangun kebudayaan Simalungun telah diakui karena kejayaan kebudayaan Simalungun sendiri berada pada masa kepemimpinannya.


Powered by.

Didukung Oleh.