Tentang Kami

lovelysimalungun.com dibuat dengan tujuan untuk memperkenalkan Simalungun kepada Nusantara dan Dunia melalui Seni, Budaya, Pariwisata dan Fotografi.
 
Diinisiasi oleh komunitas dan pecinta Simalungun, lovelysimalungun.com hadir sebagai buah dari kerinduan, impian, sekaligus upaya untuk melestarikan tradisi baik warisan leluhur.
 
Harapan kami bersama dengan hadirnya website lovelsimalungun.com, nama dan potensi Simalungun semakin dikenal masyarakat secara luas baik dalam skala lokal, dalam negeri maupun mancanegara.

Simalungun Selayang Pandang

Simalungun adalah sebuah kabupaten di Sumatera Utara – Indonesia, dengan ibukota Raya. Saat ini, Simalungun didiami oleh beragam suku seperti Suku Toba, Karo, Jawa, Melayu, dan suku pendatang lainnya yang hidup berbaur dengan suku asli daerah ini yakni Simalungun.


Kabupaten Simalungun berada pada koordinat 02°36' - 03°18' LU dan 98°32' - 99°35'BT, dengan luas 438.660 ha. Terbagi dalam 31 kecamatan, 22 Kelurahan, dan 345 Desa. Di sebelah timur, Kabupaten Simalungun berbatasan dengan wilayah Kabupaten Asahan. Sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Karo. Sementara itu di sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Toba Samosir. Sedangkan di sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Serdang Bedagai, dan Kabupaten Batubara.


Potensi ekonomi di Simalungun terletak pada perkebunan, pertanian, dan pariwisata. Dari sini bisa diketahui bahwa mayoritas penduduk Simalungun berprofesi sebagai petani. Di sektor pertanian dan perkebunan, tiap tahunnya Simalungun memproduksi berton-ton padi, jagung, ubi kayu, kedelai, kacang tanah, ubi jalar, karet, kelapa sawit, kopi, cengkeh, cokelat, pinang, kemiri, lada, vanilla, kelapa, aren, lada, dan pinang. Simalungun bahkan menjadi penghasil padi, ubi kayu, dan jagung terbesar di Sumatera Utara.


Di sektor pariwisata, Simalungun memiliki 57 titik lokasi objek wisata yang terbagi dalam 30 lokasi objek wisata alam, 14 lokasi wisata agro, 4 lokasi wisata budaya, selebihnya adalah lokasi wisata lainnya. Jumlah ini tentu akan terus bertambah mengingat ada banyak potensi wisata yang belum terdata. Objek wisata yang paling dikenal adalah Parapat yang menyajikan keindahan Danau Toba.

Penulis:
Editor:

Powered by.

Didukung Oleh.